cek kehamilan

Kesalahan yang sering dilakuakan saat cek kehamilan

mom

Melakukan tes kehamilan saat ini sudah lebih mudah dengan banyaknya alat pendeteksi kehamilan atau test pack. Namun sering terjadi kesalahan yang dilakukan saat melakukan cetk kehamilan menggunakan alat tersebut. Karenanya perlu diperhatikan bagaimana cara tes kehamilan yang tepat dilakukan. Ada baiknya sebelum menggunakan test pack untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil akurat. Berikut kesalahan- kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

Waktu melakukan tes tidak tepat

Waktu melakukan pengecekan menggunakan test pack paling baik adalah di waktu pagi hari. Konsentrasi urin saat pertama kali dikeluarkan sangat pekat begitupun dengan konsentrasi hCG (hormon kehamilan) sehingga bagus untuk menunjukkan hasil yang akurat. Sedangkan jika anda melakukan pengecekan di siang hari bahkan malah hari kurang tepat karena kondisi urin yang encer membuat hormon hCG yang mungkin ada pada urin jadi tidak terbaca. Akibatnya hasil yang seharusnya menunjukkan positif jadi salah terbaca negatif.

Terlalu cepat melakukan tes

Test pack dapat menunjukkan hasil positif ketika membaca keberadaan hormon hCG pada urine perempuan pada tingkat tertentu. Namun menjadi masalah karena tidak semua perempuan hamil memiliki tingkat yang sama dari hCG dalam urin. Karena itu butuh waktu tunggu beberapa waktu untuk melakukan cek kehamilan untuk mendapat hasil yang akurat. Jika hasil test pack anda menunjukkan hasil negatif sementara anda sudah terlambat datang bulan, ada baiknya anda mencoba kembali beberapa waktu. Bisa jadi kadar hCG anda belum dapat terbaca dengan baik saat itu.

Terlalu cepat membaca hasil tes

Kesalahan hasil test pack juga dapat terjadi karena terlalu terburu- buru saat menggunakan test pack. Biasanya karena anda terlalu penasaran akan hasilnya. Padahal dalam petunjuk pemakaian telah diatur untuk menunggu beberapa lama sampai hasilnya benar-benar keluar. Bersabarlah dari pada hasilnya tidak akurat. Perlu anda ketahui cara kerja test pack adalah urin berjalan dalam test pack hingga jendela indikator menunjukkan hasil negatif atau positif dengan tanda garis. Jangan terburu mengambil kesimpulan saat test pack masih berjalan.

Baca Juga :  Radiasi elektromaknetik pada HP

Menunggu terlalu lama

Sama halnya dengan terlalu cepat melihat tes, menunggu terlalu lama juga bisa salah. Setiap test pack memiliki batasan waktu berbeda karenanya lebih baik anda membaca petunjuknya terlebih dahulu. Biasanya sebagian dari anda meninggalkan test pack untuk beberapa waktu sebelum melihatnya kembali. Hasil terakhir yang ditunjukkan test pack yang terlalu lama bisa saja salah karena sudah terlalu lama test pack jadi menunjukkan garis positif meski sebenarnya tidak membaca adanya hCG.

Tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut

Setelah melakukan cek kehamilan sendiri di rumah tidak berarti anda dapat mengambil kesimpulan begitu saja. Periksakan lebih lanjut. Terutama jika hasilnya menunjukkan nagatif anda dapat melakukan cek ulang untuk membuktikan hasil yang benar. Lakukan tes berulang baik hasil negatif maupun positif. Selanjutnya tentu saja anda harus memeriksakannya pada dokter kandungan.

Jangan sampai kesalahan penggunaan test pack membuat anda putus asah dan menyerah. Terutama bagi anda yang memang sedang melakukan program kehamilan, sebaiknya jangan tergesa-gesa mengambil kesimpulan. Segala kemungkinan bisa terjadi dan jangan lupa jaga kesehatan anda.

Dapatkan segala kebutuhan dengan cara mudah di bukalapak. Di situs belanja terpercaya ini anda dapat menemukan berbagai macam produk yang anda butuhkan. Di bukalapak semua untung