vitamin ibu hamil

Manfaat Vitamin Ibu Hamil

mom

Kondisi wanita yang sedang hamil dengan wanita yang tidak sedang hamil tentunya berbeda. Pada masa kehamilan terjadi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim yang tentunya membutuhkan berbagai asupan gizi penting. Janin mendapatkan asupan makanan tentunya dari sang ibu yang membuat ibu wajib lebih memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya. Tidak hanya banyak, makanan yang dikonsumsi oleh ibu juga haruslah mengandung zat gizi yang lengkap. Selain memvariasikan jenis makanan yang dikonsumsi, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi beberapa vitamin ibu hamil tambahan yang mungkin belum bisa terpenuhi hanya dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Penting Dikonsumsi Selama Kehamilan

Vitamin ibu hamil tidak hanya bermanfaat untuk si ibu, tetapi lebih banyak pula untuk janin yang sedang dikandung. Kekurangan jenis vitamin tertentu bisa membuat janin berkembang kurang sempurna dan lahir dengan kekurangan tertentu seperti cacat ataupun lahir prematur dengan ukuran yang terlalu kecil. Berikut ini beberapa jenis vitamin yang sebaiknya dikonsumsi jika Anda sedang mengandung:

  • Vitamin E

Nutrisi janin di dalam kandungan harus selalu terpenuhi dengan baik. Untuk itu, proses distribusi sari makanan dari ibu ke janin harus berlangsung dengan lancar. Kelancaran proses penyaluran sari makanan ini salah satunya dipengaruhi oleh vitamin E. Konsumsi vitamin E ini diperlukan dalam kadar yang pas dan tidak berlebihan. Ibu hamil bisa mendapatkannya dari konsumsi berbagai bahan alami seperti tauge, alpukat, brokoli dan bahan lainnya. Jika dirasa masih kurang, konsumsi suplemen vitamin E juga dianjurkan selama kandungannya tidak berlebihan.

  • Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Janin di dalam kandungan juga mengalami pertumbuhan tulang sehingga ibu wajib lebih memperhatikan asupan vitamin D.

  • Vitamin K
Baca Juga :  Kesalahan yang sering dilakuakan saat cek kehamilan

Vitamin yang satu ini mungkin lumayan jarang terdengar dan mungkin manfaatnya pun kurang begitu dipahami oleh sebagian besar masyarakat. Vitamin ini ternyata punya peranan yang juga penting untuk ibu hamil karena memberikan pengaruh kepada janin. Konsumsi vitamin K selama sehamilan bisa memberi dampak pada hal terkait pembekuan darah pada janin. Asupan vitamin K yang kurang bisa menimbulkan permasalahan terkait pembekuan darah kelak ketika anak lahir.

  • Vitamin A

Vitamin untuk ibu hamil yang satu ini juga punya peranan yang sangat penting untuk perkembangan organ tubuh janin. Vitamin A ini dapat membantu untuk menjaga kondisi lapisan paru-paru janin sehingga tidak terpengaruh dengan polutan yang mungkin bisa berakibat buruk.

  • Asam Folat

Asam folat adalah sebutan lain dari vitamin B9 yang sangat berpengaruh pada kondisi janin yang dikandung ibu. Konsumsi asam folat selama kehamilan sangatlah dianjurkan karena bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan janin terjadi lebih sempurna. Ada banyak sekali manfaat asam folat yang membuatnya wajib untuk dikonsumsi selama kehamilan. Ada banyak sumber asam folat alami seperti dari daging, kacang-kacangan, sayuran serta buah-buahan. Selain sumber alami ada pula banyak suplemen asam folat yang menawarkan manfaat yang luar biasa.

Diantara vitamin-vitamin yang sudah disebutkan di atas asam folat menjadi salah satu yang paling banyak diketahui manfaatnya oleh masyarakat. Bagi Anda yang belum begitu paham tentang vitamin ini bisa simakĀ untuk mengetahui manfaat asam folat apa saja yang bisa dirasakan jika dikonsumsi secara rutin selama kehamilan.