Menu MPASI

Kenapa Menu MPASI Penting?

mom
Menu MPASI
Menu MPASI

Bunda, sebentar lagi si kecil akan memasuki usia 6 bulan. Artinya bunda harus segera bersiap-siap untuk memperkenalkan makanan pendamping asi kepada si kecil. Tapi banyak sekali tabel makanan dan saran jenis makanan dari nutritionist yang bisa bunda dapatkan dengan mudah. Nyatanya bukan itu yang harus bunda hafalkan. Karena sebenarnya yang disarankan nutrisionis adalah kandungan-kandungan dalam makanan yang diperkenalkan kepada si kecil. Menu MPASI biasanya berawal dari sayur-sayuran. Jangan langsung dikasih makanan dengan bumbu yang terlalu tajam bunda. Sebelum masuk ke informasi dari menu MPASI sebaiknya kita mengetahui kenapa pada usia 6 bulan si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan makanan sekalin ASI.

Kenapa Bayi 6 Bulan Memerlukan MPASI?

Jadi kenapa sih bun si kecil ketika sudah memasuki usia 6 bulan harus segera diberi MPASI. Alasan yang pertama dalah tentu untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Karena pada usia ini semakin banyak perkembangan yang terjadi pada bayi. Sehingga tentu sudah semestinya ditunjang dengn asupan yang memadai. Kemudian dengan memberikan MPASI akan membantu dan mengembangkan saraf motorik bayi dalam proses mengunyah dan menelan. Terakhir adalah meningkatkan kemampuan indra perasa bayi untuk mencoba berbagai tekstur dan rasa yang baru.

Dampak Dari Pengenalan MPASI yang Terlalu Cepat dan Terlalu Lambat

Ini dia bunda hal yang jarang dibahas. Kenapa sih kita harus memberikan MPASI pada usia bayi 6 bulan. Kenapa tidak 5 atau 7 bulan? Hal ini secara ilmiah telah dijelaskan, dimana bayi yang menerima asupan MPASI lebih cepat dari seharusnya akan segera meninggalkan ASI. Sehingga bayi tidak akan menerima manfaat dari ASI secara maksimal. Sebaliknya, jika memberikan MPASI terlalu lambat justru akan membuat proses perkembangan si kecil menjadi terhambat.

Baca Juga :  Ini Dia 4 Cara Mengatasi Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

Kalau Si kecil Menunjukan Tanda Ini Artinya Dia Siap Menerima MPASI

Setelah mengetahui dampak dari pengenalan MPASI yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Kini saatnya bunda mengenali tanda si kecil sudah benar-benar siap untuk mendapatkan makanan pendamping asi. Pertama jika si Kecil sudah mampu menegakan kepalanya menjadi tanda pertama bahwa si kecil sudah mulai siap mendapatkan MPASI. Kedua untuk duduk si kecil hanya memerlukan sedikit bantuan bunda, itu menjadi tanda kedua kalau si kecil sudah siap mengurangi asupan dari ASInya. Ketiga jika si kecil mulai tertarik dengan makanan-makanan lain selain ASI yang biasanya bunda sajikan atau tersedia ketika makan. Keempat kemampuan memproses makanan sudah meningkat bukan hanya menghisap. Sekarang si kecil sudah bisa mengunyah baru kemudian menelan. Biasanya jika diberikan makanan yang teksturnya sedikit lebih padat dari ASI sudah dapat membantu kemampuan mengunyahnya.

Kalau bunda sudah mulai memperkenalkan makanan MPASI kepada bayi mulailah dari sayur-sayuran yang dihaluskan. Tapi ingat, jangan sampai meninggalkan sayuran dalam lemari es lebih dari dua hari. Kemudian, baru perkenalkan sayuran dan protein. Terakhir baru perkenalkan sumber-sumber karbohidrat kepada si kecil. Ada sedikit contekan nih dari Jihandavincka. Ibu yang satu ini mencoba memperkenalkan MPASI pada anak-anaknya dengan menu:

  • Buah-buahan: Alpukat, Pisang dan apel
  • Sayuran: Wortel, Zucchini dan Parsnip
  • Karbo: Tepung beras cokelat dan oatmeal
  • Protein: Ayam, tahu dan telur

Mudah bukan bunda?

Baiklah bunda itu dia beberapa informasi yang bisa mimin berikan pada artikel kali ini. walaupun tidak banyak semoga bisa membantu bunda untuk menentukan menu untuk si kecil. Tunggu mimin di artikel selanjutnya ya. Happy Monday and cherrio!

Baca Juga :  Kesalahan yang sering dilakuakan saat cek kehamilan