perkembangan bayi 2 bulan

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Blog

Pada usia 2 bulan, perkembangan bayi sedang dalam masa yang subur. Bagi anda ibu dan ayah baru tentunya tidak boleh melewatkan momen berharga ini. Salah satunya dengan mengamati perkembangan bayi usia 2 bulan. Namun dalam dunia kesehatan, perkembangan bayi harus dilihat dari segala aspek. Dimulai dari. Adapun informasi lengkap mengenai perkembangan bayi 2 bulan dapat anda simak berikut ini.

Kemampuan Motorik
Perkembangan bayi usia 2 bulan berdasarkan kemampuan motoriknya dapat dibedakan menjadi 2 kelompok. Pertama kemampuan motorik kasar dan kedua kemampuan motorik halus. Perkembangan bayi 2 bulan dari kemampuan motorik kasar dapat dilihat dari kemampuannya sudah dapat memiringkan kepala ke kekiri dan ke kanan, mengepal dan membuka kepalan tangan. Sedangkan kemampuan bayi 2 bulan dari kemampuan motorik halusnya adalah sudah bisa menggenggam benda yang disentuhnya namun belum bisa kencang dan waktu yang dibutuhkan menggenggamnya sangat singkat.

Kemampuan Sosial
Seringkali kemampuan sosial dilihat dari kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Pada perkembangan bayi 2 bulan, kemampuan sosial memang belum bisa dilihat dari responnya terhadap orang lain. Contohnya sudah bisa melakukan kontak mata, sudah bisa mengenal wajah orang terdekat seperti ayah dan ibu, tersenyum dan tertawa, menjeit ketika gembira, menangis ketika sedih, sakit dan lapar. Paling penting adalah ketika bayi tenang ketika sudah terpenuhi kebutuhannya. Perkembangan bayi 2 bulan pun sudah bisa berbicara hanya saja masih sekedar a, i, u, e, dan o saja.

Kondisi Fisik
Tiap beberapa bulan sekali, ibu sering mengajak si kecil melakukan pemeriksaan kondisi fisik. Pemeriksaan secara fisik pada bayi untuk melihat pertumbuhan si kecil setiap bulannya. Ibu dan ayah juga perlu tahu kalau pemeriksaan secara fisik pun sebenarnya ada banyak jenisnya. Mulai dari tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, frekuensi detak nadi dan masih banyak lagi. Ukuran normal perkembangan bayi 2 bulan pada tinggi adalah 53-61,5 cm, berat badan 4-6.6 kgm lingkar kepala 35-40 cm dan frekuensi rata rata detak nadi setiap menit sekitar 130 kali. Selain itu, perkembangan bayi 2 bulan sudah bisa membedakan wajah dengan indera penciuman, suara, penglihatan dan mengikuti arah perpindahan benda.

Baca Juga :  Perkembangan Bayi 4 Bulan

Sistem Pencernaan dan Kebutuhan Nutrisi
Kebutuhan nutrisi pada perkembangan bayi 2 bulan menurut beberapa sumber masih sangat tinggi. Kira kira, ibu dan ayah perlu memperhatikan asupan ASI dari si kecil dalam 1 hari sudah mengkonsumsi ASI sebanyak 6-7 kali. Ibu dan ayah tidak boleh lupa bayi sudah bisa dilatih mencoba makanan yang mengandung banyak air seperti air jeruk atau air tomat. Jangan lupa anda perhatikan pula kadar gula yang terkandung karena makanan yang terlalu banyak mengandung gula akan menganggu metabolisme tubuh bayi seperti menjadi penyebab penyakit batuk.

Kebutuhan Tidur
Bayi yang baru lahir khususnya bayi usia bulan sangat membutuhkan kualitas tidur yang tinggi. Kira kira bayi usia 2 bulan memerlukan waktu tidur kurang lebih 12-16 jam tiap hari. Pada beberapa bayi adaa yang mengalami bangun sementara ketika tertidur setiap 2-3 kali tiap harinya. Bahkan ada yang mencapai 6 jam, perkembangan bayi usia 2 bulan bangun ketika tertidur.

perkembangan bayi 2 bulan

Banyak sekali bukan perkembangan bayi 2 bulan yang harus ibu dan ayah amati dari si kecil bukan ?. Selain mencegah kelainan sejak dini, mengetahui perkembangan bayi 2 bulan dapat membantu mengamati perubahan si kecil mulai dari yang terkecil. Demikian informasi seputar perkembangan bayi usia 2 bulan.