radiasi elektromaknetik

Radiasi elektromaknetik pada HP

mom

Ketika anda sedang berada di pom bensin pasti anda sudah tidak asing lagi dengan larangan melakukan beberapa hal antara lain merokok, menggunakan hp dan juga memotret. Larangan ini bukan berarti tidak memiliki maksud tersendiri. Khusus untuk merokok memang sudah jelas tidak diperbolehkan karena api yang terdapat pada rokok bisa menimbulkan percikan api yang bisa membakar bahan bakar yang berada di SBPU, namun bagaimana dengan dua larangan lainnya yaitu larangan untuk menggunakan hp dan juga memotret.

Ternyata hp memancarkan frekunsi tinggi dan radiasi elektromaknetik saat di gunakan. Radiasi elektromaknetik tersebut bisa ditimbulkan dari led pada layar hp yang di gunakan untuk mengeluarkan cahaya. Radiasi Hp saat di gunakan inilah yang bisa memicu timbulnya api. Dan akibatkanya akan sangat fatal jika api ini muncul di area SPBU.

Selain dapat menyebabkan bunga api dari fekuensi tinggi tersebut. Ponsel juga mengeluarkan radiasi elektromaknetik dari radiasi sinyal radio yang di timbulkannya. Radiasi yang di timbukan oleh ponsel memang tidak setinggi radiasi dari nuklir atau radiasi yang di lakukan pada waktu foto rontgen yang memang tidak boleh di lakukan terlalu sering. Radiasi Hp masih belum diketahui secara pasti pengaruhnya terhadap kesehatan. Namun masih ada kemungknan yang diakibatkan dari radiasi sinar ponsel ini . beberapa efek yang mungkin ditimbulkan antara lain:

  1. Berdampak pada kesuburan pria

Pada umumnya para pria meletakkan ponsel d saku celana, yang notabene dekat dengan organ intim. Hal ini yang bisa menyebabkan  produksi sperma terganggu. Sperma yang telah terpapar radiasi bisa menyebabkan kerusakan atau gerakannya yang melambat. Atau menyebabkan ketahanan hidupnya yang sebentar. Meskipun demikian masih belum ada penelitin lanjutan mengenai hal ini.

  1. Pengaruh radiasi hp terhadap ibu hamil

Radiasi yang di hasilkan hp juga tidak baik untuk ibu hamil. Penggunaan hp yang kurang baik dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan otak pada syaraf otak janin.

  1. Efek radiasi hp dan perkembangan kanker

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh badan kesehatan internasional (WHO) menyatakan bahwa terdapat korelasi mengenai perkembangan sel kanker dengan radiasi hp. Namun penjelasan lebih lanjut masih belum di buktikan dalam penelitian lebih lanjut.

  1. Dampak radiasi hp terhadap anak-anak

Pada anak-anak pengaruh radiasi hp lebih besar dari pada terhadap orang dewasa. Hal ini di akibatkan karena lapisan tengkorak anak masih tipis jika di bandingan dengan orang dewasa. Selain itu jaringan otak masih dalam keadaan berkembang sehingga penyerapan terhadap efek lingkungan dan benda asing masing tinggi.

Baca Juga :  Kesalahan yang sering dilakuakan saat cek kehamilan

Berdasarkan penjelasan mengenai radiasi hp yang cukup mengerikan tersebut ada baiknya anda menggunakan hp dengan lebih bijak antara lain dengan cara menggunaan hp ketika dibutuhkan saja, jika memungkinkan mengangkat telp menggunakan hands free lebih baik. Dan jangan di letakkan menempel dengan tubuh. Jika anda menggunakan layanan hand free anda bisa menggunakan load speaker dan letakkan agak jauh dari tubuh anda. Hal yang juga cukup sering di lakukan adalah meletakkan hp dekat dengan tubuh saat tidur. Bahkan ada yang diletakkan dekat dengan kepala. Radiasi ini juga tidak baik bagi kesehatan. Selanjutnya adalah gunakan pada saat sinyal kuat, penggunakan telp pada saat sinyal yang buruk membuat telp menggunakan energi yang terlalu besar sehingga memberikan radiasi yang lebih besar. Selanjutnya adalah hindari penggunaan ponsel pada anak terlalu lama. Batasi penggunaannya karena peran orang tua sangat menentukan dalam hal ini,