tanda awal kehamilan sebelum telat haid

6 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Blog

Bagi pasangan suami istri, kabar kehamilan adalah hal yang paling membahagiakan. Terlebih lagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang dinanti-nantikan. Sayangnya, tidak semua suami istri paham dan tahu tanda-awal kehamilan sebelum telat haid.

Kebanyakan suami istri baru menyadari ketika sudah telat haid saja. Padahal mengetahui kabar kehamilan sangat penting bagi perkembangan janin dan ibu. Sebab, asupan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil jauh lebih ekstra dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil.

Lantas, bagaimana cara mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid? Ternyata, tanda-tanda wanita yang hamil ini sudah bisa dilihat sejak awal kehamilan. Tanda-tanda ini juga biasanya muncul dan tidak sesuai dengan hal yang biasanya terjadi pada wanita yang tidak hamil. Berikut ini adalah tanda-tanda awal kehamilan yang harus Anda tahu.

  • Kondisi Mood yang Berubah

Wanita yang hamil bisa diketahui dari mood-nya yang berubah-ubah. Tanda ini muncul seperti wanita yang menstruasi dimana wanita akan cenderung lebih sensitif. Hal ini juga terjadi karena perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan.

  • Payudara Lebih Sensitif

Selain mood yang berubah-ubah, wanita yang hamil juga mengalami tanda kehamilan yakni menjadi lebih sensitifnya bagian payudara. Pada area puting akan menjadi lebih kencang dan mudah geli serta ngilu meskipun tidak tersentuh. Jika Anda mengalami hal seperti ini namun tidak menstruasi, bisa jadi Anda sedang hamil lho.

  • Munculnya Bercak Darah

Munculnya bercak darah atau flek sering kali disalahartikan oleh sebagian wanita. Tanda ini dianggap sebagai tanda akan menstruasi, padahal hal ini sebagai tanda bahwa Anda sedang hamil.

Amati bercak yang muncul dalam tanda ini, jika bercak yang keluar semakin banyak seperti menstruasi itu menstruasi. Namun jika bercak muncul tanpa kembali lagi, segera periksakan ke dokter untuk mengecek apakah Anda hamil atau tidak.

  • Punggung Sering Pegal

Cara mengetahui hamil atau tidak bisa dideteksi dari bagian punggung yang sering mengalami pegal padahal tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini terjadi karena sang ibu baru mulai beradaptasi dengan kemunculan janin pada rahim. Jadi, jika terjadi pegal di area punggung Anda tidak perlu panik dan khawatir yang berlebihan.

  • Vagina Mengeluarkan Cairan Putih dan Kental

Saat wanita akan mengalami menstruasi, biasanya beberapa hari sebelum menstruasi akan datang keputihan. Nah, sama halnya saat Anda hamil muda, Anda juga akan mengeluarkan lendir berwarna putih kental yang disebabkan oleh penebalan dinding rahim.

Namun, lendir yang keluar ini berwarna putih dan tidak berbau. Jadi, jika lendir yang Anda keluarkan berbau, ada baiknya jika periksakan ke dokter. Bisa jadi ini adalah tanda-tanda keputihan yang berbahaya.

  • Sering Buang Air Kecil

Wanita yang sedang hamil cenderung akan buang air kecil lebih sering dibandingkan yang tidak hamil.ini karena, kandung kemih akan tertekan dengan keberadaan janin yang membuatnya lebih sering mengeluarkan air seni. Selain itu, penyebab sering buang air kecil juga terjadi karena meningkatnya hormon pada ibu hamil yang terjadi secara besar-besaran.

Masih ada banyak lagi cara mengetahui hamil atau tidak yang harus Anda tahu. 

Baca Juga :  Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Sebagai Perlindungan Tidur Si Kecil!